Jumat, 24 Juni 2011

Lulusan SMA Besut Komputer 8-Bit dari Rongsokan
Fajar Widiantoro - detikinet



Komputer 8-bit dari rongsokan (ist)

Jakarta - Usia terkadang bukan kendala orang untuk berkarya. Seperti remaja lulusan SMA berikut ini yang berhasil membangun komputer 8-bit dari rongsokan elektronik.

Remaja bernama Jack Eisenmann menamakan komputer hasil ciptaannya DUO Adept. Bahan-bahannya pun ia ambil dari barang-barang elektronik bekas.

Sebuah televisi ia modifikasi sebagai monitor dan speaker. Kemudian keyboard tua ia gunakan sebagai kontroler. Sementara itu bagain mainboard dan komponen utama ia rangkai dari rakitan kabel dan chip, yang dipasangkan ke dalam bekas kotak makanan.

Setalah ia rangkai dan berfungsi, Jack membuat sistem operasi dam hex editor sendiri dengan nama Duo OS. Isi komputer 8-bit itu beberapa adalah program-program sederhana seperti game ping-pong. Setelah semua berfungsi, hasil komputer 8-bit rakitan Jack mengingatkan kita pada komputer legendaris Commodore VIC-20s, yang lahir tiga dekade lalu.

Komputer 'jangkrik' rakitan Jack ini memiliki memori 64K, dengan dedicated video RAM sebesar 6K. Mungkin aspek yang menarik dari komputer rakitan ini bukanlah sisi produk itu sendiri.

Seperti dikutip detikINET dari wonderhowto, Jumat (24/6/2011), Jack tak pernah mengenyam pendidikan elektro formal di sekolahnya. Semua kemampuan yang dipraktekkan olehnya merupakan eksperimen dari tutorial yang ia cari dari Google dan YouTube.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar